Wisata Kuliner Soto Nusantara

Kuliner yang segar seperti soto bisa menjadi pilihan saat para traveler melakukan kegiatan traveling. Hampir disetiap daerah mempunyai menu makanan soto. Ciri khasnya adalah berkuah. Kuahnya bisa bening bisa bersantan ada pula yang menggunakan susu dengan beragam isian didalamnya. Biasanya ada daging tertentu yang seperti daging ayam, daging sapi, jeroan sapi, bahkan daging kerbau.

Berdasarkan sejarahnya, soto diyakini bermula dari kota Semarang diawal abad 19 dengan sebutan caudo yang artinya jeroan berkuah atau jao to namun karena lidah Jawa susah ngomong jao to, perlahan nama tersebut menjadi soto.

Inilah beberapa nama Soto yang akrab kita dengar sehari-hari:



Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Madura, Soto Medan , Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Coto Makassar, Soto Mie Bogor, Soto Betawi, Soto Sedap Boyolali, Soto Rumput, Soto Semarang, Soto Bangkong, Soto Sokaraja, Soto Tangkar, dan masih banyak lagi.

Namun jenis makanan ada yang jika dari namanya bukan termasuk golongan soto, tapi jika dilihat secara visual makanan ini bisa digolongkan sebagai soto, yaitu Empal Gentong dari Cirebon.

Soto adalah makanan yang bisa di waktu makan kapan saja. Sarapan, makan siang maupun makan malam. Tidak jarang kita lihat kalau pagi hari banyak warung soto yang sudah dipenuhi pembeli yang ingin sarapan. Siang hari juga enak-enak saja. Apalagi malam. Wuih, bikin seger di badan.

Menu tambahan saat makan soto yang tersedia biasanya tempe goreng, sate, dan perkedel serta kerupuk. Untuk menambah kesegaran soto, traveler bisa tambahkan perasan jeruk nipis dan sambel. Dijamin tambah nampol dah.

Happy traveling…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *