Wisata Kuliner Roti Bakar

gambar: resepirotibakar

Roti Bakar adalah menu makanan ringan yang tidak terlalu berat namun cukup untuk membuat kita tetap berenergi. Kebiasaan makan roti bakar di Indonesia,minimal dari beberapa daerah yang pernah aku kunjungi  saat traveling adalah di malam hari. Penjual roti bakar membuka lapaknya khusus di sore hingga malam hari. Jarang sekali yang buka pagi hari. Ya, mungkin karena faktor budaya makan roti yang berbeda dengan negara-negara lain terutama Eropa dan Amerika Utara.

Kebiasaan ini muncul mungkin juga karena sebagian pola makan aku yang tidak ingin makan makanan berat saat kelaparan di malam hari. Dulu sih kalau kelaparan malam-malam pasti bikinnya mie instant. Tapi setelah agak bermasalah dengan mie instant, akhirnya beralih ke roti. Terutama roti bakar. Soalnya kalau roti tawar yang di rumah berasa tidak ada sensasinya. Gak tahu kenapa.

Budaya makan roti bakar ini berkembang saat tinggal di Bandung. Suatu malam diajakin temen ke Madtari. Pas dateng sih biasa aja. Karena warungnya cuma warung tenda gitu. Kalau sekarang sudah pindah ke warung “besar” di dekat taman Fleksi Dago. Pas roti bakar yang dipesan dateng, “Buset dah!”. Ini sih bukan roti bakar keju, tapi keju roti bakar. Kejunya menggunung guys. Nutupin rotinya. Hehe, pas sudah masuk ke mulut… Yummy.

Akhirnya kebiasaan itu terbawa sampai sekarang. Disetiap kota yang aku datangi, pasti cari roti bakar. Yang paling baru, minggu kemarin main ke Cirebon dan dapet info kalau ada warung roti bakar yang enak, jadi ya mampir deh. Lokasinya di jalan Karanggetas. Depan bank swasta gitu.  Tempatnya memang tidak serame Matari, tapi enak buat nongkrong.

Kalau di Semarang beda lagi. Lebih milih beli roti bakar (ala Bandung) yang dijual dipinggir jalan, lalu nongkrong di Simpang Lima, jalan Pahlawan atau Taman KB. Sama didaerah kampus Undip juga ada kafe lesehan di belakang gedung Bank Indonesia.

Buat aku, roti bakar adalah teman terbaik saat perut dirongrong rasa lapar yang amat mengganggu saat tengah malam… Plus secangkir cokelat hangat tentunya.

Have a nice traveling…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *