Tujuh Destinasi Terbaik di Bali

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pulau Dewata, Bali selalu menjadi tujuan wisata dari berbagai penjuru dunia termasuk wisatawan lokal atau domestik. Berikut adalah tujuh destinasi terbaik di pulau Bali menurut travlnesia.com:

Tanah Lot

Tanah Lot adalah lokasi wisata pantai yang terkenal karena keunikannya berupa pura yang berada diatas kokohnya batu karang dan seekor ular suci yang konon katanya adalah jelmaan dari selendang Dang Hyang Nirartha, keturunan Brahmana.

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Tabanan. Berjarak sekitar lebih kurang 20 (dua puluh) kilometer dari pantai Kuta. Tidak hanya pura, namun deburan dan hempasan ombak yang bertemu dengan batu karang bisa menjadi sensasi tersendiri. Pemandangan di Tanah Lot termasuk yang terbaik sehingga sering dijadikan lokasi foto prewedding. Apalagi jika menjelang senja, banyak para pemburu senja yang ingin mengabadikan tenggelamnya sang surya di ufuk barat.

Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu atau Pura Uluwatu terletak di ujung barat daya pulau Bali. Tepatnya diDesa Pecatu, Kuta. Pura Uluwatu berdiri diatas bukit karang yang menjorok ke laut ini adalah Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin.

Pura Uluwatu dipergunakan untuk memuja pendeta suci bernama Empu Kuturan dan pendeta suci setelahnya yaitu Dang Hyang Nirartha yang mengakhiri perjalanan sucinya dengan cara Moksa atau Ngeluhur di pura ini. Kata Ngeluhur inilah yang menjadi asal nama Pura Luhur Uluwatu.

Pura Uluwatu juga terkenal dikarenakan adanya pantai Pecatu yang ombaknya yang indah dan sering dijadikan spot selancar bahkan event dengan skala internasional.

Air Terjun Nungnung

Air terjun Nungnung terletak di Desa Nungnung, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Anda akan dimanjakan oleh udara sejuk Desa Nungnung yang berada di ketinggian 900 mdpl.

Yang perlu diperhatikan disini adalah jarak yang lumayan jauh dengan kondisi tangga yang cukup curam sehingga diperlukan konsentrasi tinggi. Sebaiknya gunakan sepatu yang anti selip. Namun perjalanan mendebarkan itu akan terbayar lunas saat sampai di air terjun yang tingginya sekitar  50 meter ini. Ditambah pemandangan penuh nuansa hijau dan suara gemericik air yang akan selalu menemani Anda.

Bali Bird Park

Kebun binatang khusus burung yang berada di Gianyar Bali ini telah ada sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib traveler kunjungi saat berada di Bali.

Dengan luas sekitar dua hektar, Bali Bird Park mampu menampung ribuan unggas termasuk beberapa satwa burung yang dilindungi seperti burung Jalak Bali dan Cendrawasih.

Beberapa aktifitas dan program yang bisa dilihat adalah:

  • Bali Rainforest : melihat secara langsung ribuan burung koleksi Bali Bird Park
  • Basic Instinct : pertunjukan bagaimana burung pemangsa seperti elang falcon beraksi
  • Avian 4D : pertunjukan film 4 (empat) dimensi
  • Komodo Experience : menyaksikan Komodo “The Dragon” secara langsung
  • Guyu Guyu Corner: berinteraksi langsung dengan burung seperti kakatua yang beraneka warna
  • Papua Rainforest Feed: memberi makan atau berinteraksi langsung dengan burung legenda Cenderawasih yang berasal dari tanah Papua
  • Lory Feeding
  • Meet The Bird Star
  • Pelican Feeding

Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi merupakan simbol perjuangan rakyat Bali dalam mempejuangkan kemerdekaan dan penghargaan kepada para pahlawan Bali. Terletak di jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar, Bali. Berhadapan dengan kantor Gubernur Bali dan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon.

Monumen ini diberi nama Bajra  Bajra Sandhi karena bentuknya yang mirip dengan bajra atau genta yang digunakan oleh para pendeta agama Hindu saat mengucapkan Weda atau mantra pada saat upacara keagamaan.

Keunikan lain yang dipunyai oleh monumen Bajra Sandhi adalah beberapa desain monumen ini bersinergi dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tangga utamanya berjumlah 17 anak tangga, didalam monumen terdapat 8 pilar utama, dan tinggi monumen Bajra Sandhi ini adalah 45 meter. Tiga desain ini mewakili tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 1945.

Beachwalk Bali

Jika traveler ingin nge-mall, datang saja ke beachwalk Bali di daerah pantai Kuta. Mall dengan konsep terbuka ini dijamin bisa memberi kepuasan tersendiri. Beberapa sungai buatan yang berlekuk serta “air terjun” kecil memberi efek gemericik air yang membawa kita ke nuansa alam bebas. Ditambah lagi dengan tanaman rambat yang menggantung, benar-benar memberi kesan alami.

Tidak hanya konsep alam terbukanya yang menciptakan kesan yang kuat. Berbagai koleksi produk branded yang tersedia di beachwalk Bali semakin menguatkan image sebagai mall yang akan memanjakan para pengunjungnya.

Pergi ke Bali tak akan lengkap rasanya jika tidak membeli cinderamata khas Bali seperti baju tradisional, kain, barang kerajinan, atau ornamen lain  khas Bali. Untuk mendapatkan itu semua, datang saja ke Pasar Seni Sukawati yang terletak di pinggir jalan raya utama Gianyar – Denpasar.

Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati mempunyai tiga area pasar. Namun yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah pasar satu karena sudah ada sejak lama hingga sebelum dikembangkan menjadi pasar seni pada tahun 80-an. Jam buka dimulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Salah satu tips membeli barang di Pasar Seni Sukawati adalah datang belanja pagi-pagi antara jam 6 sampai jam 10 pagi. Harganya relatif lebih rendah dan lebih mudah proses tawar menawarnya. Hal ini dikarenakan kepercayaan para pedagang bila sejak pagi dagangannya laku, maka dagangannya akan laris sampai tutup nanti. Namun sebagaimana pasar tradisional lain, traveler musti pandai-pandai menawar.

Itulah tujuh destinasi terbaik di Bali menurut versi Travlnesia.com. Tentu saja masih banyak destinasi – destinasi lain di Bali yang bisa traveler kunjungi mulai dari destinasi laut, gunung, kuliner dan beragam event seni budaya khas Bali yang tidak akan ada habisnya untuk di eklporasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One Reply to “Tujuh Destinasi Terbaik di Bali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *