Air Terjun Tumpak Sewu Jawa Timur

Air terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu menjadi salah satu nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Lokasinya terletak diperbatasan Kabupaten Malang – Lumajang. Jika Anda memulai dari Malang, maka air terjun ini disebut Coban Sewu. Namun jika Anda memulai perjalanan dari Lumajang, maka sebutannya adalah Tumpak Sewu. Sedangkan secara umum banyak orang mengenal dengan Air Terjun Tumpak Sewu karena melihat dari bentuknya.

Tumpak berarti juga Tumpang, Tunggang, atau Tumpuk. Hal ini karena struktur air terjun yang bertumpuk-tumpuk banyak sehingga terkesan saling “tumpak-tumpakan” atau saling menumpangi alias bertumpuk. Lalu karena banyaknya air terjun yang ada, disebut Sewu sebagai simbol dan kebiasaan orang Jawa jika ada sesuatu yang jumlahnya banyak. Formasi air terjun yang banyak, saling bertumpuk, melebar, dan berketinggian sekitar 120 meter ini menciptakan efek seolah-olah Air Terjun Tumpak Sewu ini seperti tirai air yang besar.


Untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu dibutuhkan kekuatan fisik karena medannya termasuk ekstrim dan lumayan jauh. Bawa bekal yang cukup ya gaess.

Agar lebih greget, lihat langsung videonya dibawah ini:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *