10 Hotel Ramah Lingkungan Pemenang Green Hotel Award Indonesia 2017

Kementerian Pariwisata kembali  menggelar Apresiasi Pesona Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017 sebagai bentuk penghargaan kepada para pelaku industri pariwisata. Event tahunan ini diselenggarakan di Biarawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta pada tanggal 27 September 2017.

Green Hotel Award adalah penghargaan yang diberikan kepada pelaku industri pariwisata di tanah air yang mengimplementasikan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, akan mampu meningkatkan nilai jual dan daya saing dari hotel tersebut. Selain itu, wisatawan juga memiliki pilihan sesuai gaya hidupnya. Sebab “green lifestyle” sudah menjadi tren yang banyak diminati wisatawan. Indonesia sebagai pusat destinasi alam, konsep green hotel tentu akan memberikan efek positif bagi dunia pariwisata Indonesia.



Untuk itulah diharapkan dengan event Green Hotel Award 2017 ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian pelaku usaha hotel dalam upaya-upya pelestarian alam bersama masyarakat sekitar.Proses penilaian dimulai dengan pengiriman kuesioner yang berisi tentang 14 kriteria ke semua hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 diseluruh Indonesia. Setelah itu tim juri akan melakukan evaluasi.Penilaian diberikan secara langsung oleh tim juri.

Kriteria penilaian tersebut adalah:

  1. Kebijakan hotel dan organisasi green team
  2. Pengelolaan tapak yang ramah lingkungan
  3. Penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan
  4. Penyerapan kandungan lokal
  5. Pengelolaan konservasi dan efisiensi energi
  6. Pengelolaan konservasi dan efisiensi air
  7. Pengelolaan kualitas udara dalam ruang
  8. Pengelolaan kualitas udara luar ruang
  9. Pengelolaan limbah padatan dan air
  10. Pengelolaan lahan sekitar bangunan
  11. Pengendalian polusi/ kebisingan suara
  12. Pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya
  13. Kerjasama dengan komunitas dan organisasi lokal
  14. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia

Dalam kesempatan ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa pendekatan konsep ramah lingkungan yang berkelanjutan oleh pelaku industri sangat penting bagi dunia pariwisata Indonesia karena akan berpengaruh terhadap posisi Indonesia di peringkat daya saing pariwisata dunia.

Menpar Arief Yahya juga menyatakan bahwa saat ini, dari data Travel & Tourism Competitiveness tahun 2017 dari World Economic Forum, Indonesia berada di peringkat 42 dunia dari target di posisi 30 dunia. Indonesia mempunyai keunggulan dari sisi price competitiveness, priorization of travel & tourism, dan natural resources. Sayangnya, Indonesia masih lemah dalam tourism service infrastructure, health & hygiene, dan environmental sustainability.

Tiga faktor kelemahan tersebut menjadi PR bersama termasuk pelaku usaha perhotelan sehingga mampu meningkatkan daya saing yang berdampak pada konsep penerapan pariwisata berkelanjutan dimana ujungnya adalah posisi pariwisata Indonesia di dunia. Pariwisata terbukti mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi bangsa.

“Mari kita sukseskan pariwisata, dengan menjaganya untuk terus berlangsung. Karena “Semakin Dilestarikan, Semakin Menyejahterakan,” kata Menpar Arief Yahya.

Inilah daftar 10 hotel pemenang Green Hotel Award 2017.

  1. Grand Hyatt Regency Hotel Yogyakarta
  2. Jogjakarta Plaza Hotel
  3. The Dharmawangsa Jakarta
  4. Melia Purosani Yogyakarta
  5. Turi Beach Resort Batam
  6. Mercure Surabaya
  7. Kila Senggigi Beach Lombok
  8. Grand Inna Malioboro Yogyakarta
  9. Alia Hotel Solo
  10. Mercure Resort Sanur Bali

Para pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan dan plakat dari Menteri Pariwisata Republik Indonesia, dan 5 hotel teratas akan mewakili Indonesia di ajang ASEAN Green Hotel Award di Chiang Mai, Thailand pada Januari 2018.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *